Wednesday, October 29, 2014
1.
PENGERTIAN DATA
Data adalah representasi dari fakta dunia nyata. Fakta
atau keterangan tentang kenyataan yang disimpan, direkam atau direpresentasikan
dalam bentuk tulisan, suara, gambar, sinyal atau simbol.
Pengertian data ini menyiratkan suatu nilai yang bisa dinyatakan
dalam bentuk konstanta / variable.
Konstanta digunakan untuk menyatakan nilai tetap
sedangkan variable digunakan dalam program untuk menyatakan nilai yang dapat
berubah-ubah selang eksekusi berlangsung.
Ada
empat istilah data, yaitu:
- Tipe data adalah jenis atau macam data di dalam suatu variable dalam bahasa pemrograman.
- Objek data mengacu kumpulan elemen, D (domain).
- Representasi data : Suatu mapping dari struktur data ‘d’ ke suatu set ke struktur data ‘e’ (d===e) misal bolean di representasikan dalam 0 dan 1.
- Struktur data biasa dipakai untuk mengelompokan beberapa informasi yang terkait menjadi sebuah kesatuan.
Tipe data sederhana terbagi menjadi dua, yaitu:
Data sederhana tunggal. Misalnya : Integer, real / float, Boolean dan character.Data sederhana majemuk. Misalnya : String.
Macam-macam dari Tipe Data adalah:
a. Integer ( Bilangan Bulat )
Integer merupakan nilai bilangan bulat baik dalam bentuk desimal maupun hexadecimal. Tipe data numerik yang termasuk integer adalah sebagai berikut :
Integer merupakan nilai bilangan bulat baik dalam bentuk desimal maupun hexadecimal. Tipe data numerik yang termasuk integer adalah sebagai berikut :
- Byte : Memiliki nilai integer dari -128 sampai +127 dan menempati 1 byte ( 8 bits ) di memori
- Short : Memiliki nilai integer dari -32768 sampai 32767 dan menempati 2 bytes ( 16 bits ) di memori
- Int : Memiliki nilai integer dari -2147483648 sampai 2147483647 dan menempati 4 bytes ( 32 bits ) di memori
- Long : Memiliki nilai dari -9223372036854775808 sampai 9223372036854775807 dan menempati 8 bytes ( 64 bits ) di memori.
b. Char
Char adalah karakter tunggal yang didefinisikan dengan diawali dan diakhiri dengan tanda ‘ ( petik tunggal ).
Char adalah karakter tunggal yang didefinisikan dengan diawali dan diakhiri dengan tanda ‘ ( petik tunggal ).
c. String
Merupakan urutan-urutan dari karakter yang terletak di antara tanda petik tunggal. Nilai data string akan menempati memori sebesar banyaknya karakter string ditambah dengan 1 byte. Bila panjang dari suatu string di dalam deklarasi variabel tidak disebutkan, maka dianggap panjangnya adalah 255 karakter.
Merupakan urutan-urutan dari karakter yang terletak di antara tanda petik tunggal. Nilai data string akan menempati memori sebesar banyaknya karakter string ditambah dengan 1 byte. Bila panjang dari suatu string di dalam deklarasi variabel tidak disebutkan, maka dianggap panjangnya adalah 255 karakter.
d. Real
Nilai konstanta numeric real berkisar dari 1E-38 sampai 1E+38. E menunjukkan nilai 10 pangkat, dan tipe data ini menempati memori sebesar6 byte.
Nilai konstanta numeric real berkisar dari 1E-38 sampai 1E+38. E menunjukkan nilai 10 pangkat, dan tipe data ini menempati memori sebesar6 byte.
e. Boolean
Tipe data boolean terdiri dari dua nilai saja, yaitu true dan false. Boolean sangat penting dalam mengevaluasi suatu kondisi, dan sering digunakan untuk menentukan alur program.
Tipe data boolean terdiri dari dua nilai saja, yaitu true dan false. Boolean sangat penting dalam mengevaluasi suatu kondisi, dan sering digunakan untuk menentukan alur program.
Secara garis besar type data dapat dikategorikan menjadi:
Type data sederhana.
Type data sederhana.
* Type data sederhana tunggal, misalnya Integer, real, boolean dan karakter.
* Type data sederhana majemuk, misalnyaString
Struktur Data, meliputi:
* Struktur data sederhana, misalnya array dan record.
* Struktur data majemuk, yang terdiri dari:
* Struktur data majemuk, yang terdiri dari:
Linier : Stack, Queue, sertaList dan Multilist
Non Linier : Pohon Biner dan Graph
Pemakaian
struktur data yang tepat didalam proses pemrograman akan menghasilkan
algoritma yang lebih jelas dan tepat, sehingga menjadikan program secara
keseluruhan lebih efisien dan sederhana.
Struktur data yang standar yang biasanya digunakan dibidang informatika adalah:
* List linier (Linked List) dan variasinya
* Multilist
* Stack (Tumpukan)
* Queue (Antrian)
* Tree ( Pohon)
* Graph ( Graf )
2. PENGERTIAN STRUKTUR
DATA
Struktur data adalah suatu koleksi / kelompok data yang
dapat di karakteristikan oleh organisasi serta operasi yang di definisikan
terhadapnya.
Dalam teknik pemrograman,struktur data berarti tata
letak yang berisi kolom-kolom data,baik itu kolom yang tampak oleh pengguna
(user) ataupun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang
tidak tampak oleh pengguna.
Struktur data meliputi :
- Struktur data sederhana, misalnya array dan Record.
Struktur data majemuk, yang terdiri :
- Linier : Stack, Queue, serta
List dan Multilist
- Non Linier : Pohon Biner
dan Graph
Pemakaian struktur data yang tepat di dalam proses pemrograman akan
menghasilkan algoritma yang lebih jelas dan tepat, sehingga menjadikan program
secara keseluruhan lebih efisien dan sederhana.
Struktur data standar yang biasanya digunakan dibidang informatika
adalah :
- ADT , Array , Struk
- List linier (Linked List) dan variasinya
- Multilist
- Stack (Tumpukan)
- Queue (Antrian)
- Tree ( Pohon )
- Graph ( Graf )
PEMBUATAN STRUKTUR DATA
Untuk membuat menjadi struktur data, kita harus
melakukan dulu aktivitas terhadap objek data, yaitu :
v Mendeskkripsikan kumpulan operasi sah yang diterapkan ke
elemen-elemen objek data.
v Menunjukan mekanisme kerja operasi-operasi.
Objek data integer ditambah operasi (+ , - , * , / , mod
,cell , floor , < , >) dan operasi-operasi lain yang memanipuasi objek
data integer menyatakan struktur data.
Struktur data = Objek data + { Operasi manipulasi }.
Tahap pembuatan struktur data adalah :
Ø Tahap pertama : Spesifikasi
Pendeskripsian / spesifikasi struktur data menyatakan
apa yang dapat dilakukan struktur data, bukan cara penerapannya. Pendeskripsian
ini melibatkan level logic sehingga dapat digunakan konvensi matematika untuk
menyatakan sifat-sifat struktur data yang dikehendaki.
Spesifikasi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :
·
Spesifikasi secara formal
·
Spesifikasi secara informal
Ø Tahap kedua : Implementasi
Implementasi menyatakan cara penerapan struktur data
dengan struktur data yang telah ada.
Implementasi struktur data adalah proses pendefinisian
tipe data abstrak sehingga semua operasi dapat dieksekusi computer.
Implementasi struktur penyinpanan item-item data serta algoritma-algoritma
untuk implementasi operasi-operasi sehingga menjamin terpenuhinya karakteristik
struktur data, relasi item-item data atau invariant pada struktur data itu.
Ø Tahap ketiga : Pemrograman
Pemrograman terstruktur adalah penerjemahan menjadi
pernyataan di bahasa pemrograman tertentu. Prosesnya terdiri dari :
·
Deklarasi yang mendefinisikan
objek-objek data dan hubungannya…
·
Pembuatan prosedur / rutin
untuk operasi-operasi dasar yang menjaga invariant pada struktur data itu .
Sesuai dengan relasi yang didefinisikan di spesifikasi
perancangan harus memilih tipe-tipe data yang telah ada untuk merepresentasikan
struktur data.
Struktur data di bangun menggunakan fasilitas
pembentukan atau pembuatan struktur data yang disediakan bahasa seperti array, record,
dan sebagainya atau yang telah di buat seperti stack, queue, atau himpunan
menggunakan linked list.
Pembuatan struktur data adalah pembentukan tipe data lengkap yang
mempunyai empat property berikut :
1.
Nama : Identifier tipe data
2.
Domain : Domain / himpunan semesta nilai di tipe data
3.
Konstanta (penyebutan
anggota-anggotanya) : Cara penyebutan anggota-anggota tipe data
4.
Operasi-operasi terhadap tipe
data itu (operator) : Daftar operasi
terhadap anggota tipe data sehingga kelakuan objek data sesuai spesifikasi.
Label:
Informatika,
Struktur Data
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Popular Posts
- Cara Mengubah Wajah Kita Dengan Wajah Orang Lain Dengan Photoshop
- Cara mengubah foto gemuk menjadi kurus dengan photoshop
- Cara Mengubah Foto Digital Mejadi karikatur dengan photoshop
- Cara Menjadikan Foto Menjadi Puzzle dengan Photoshop
- Cara memberi Efek Sunset Pada Foto Dengan Photoshop
- Cara Mengubah Foto Menjadi Kartun 2D dengan Photoshop
- Buat Foto Jadi Malaikat dengan Photoshop
- Membuat photo digital menjadi photo hasil kamera SLR dengan photoshop
- Membuat Efek Foto Anggle Light dengan Photoshop
- Buat Ilustrasi Vexel Surreal dengan Photoshop
0 komentar:
Post a Comment